Jumat, 17 Juni 2016

Android N

Google Luncurkan Android N Developer Preview



       Melalui blog resminya, Google mengumumkan Android N, versi terbaru dari sistem operasi dari Google. Namun, sistem operasi ini masih berada di tahap Developer Preview. Artinya, versi yang ditujukan bagi para developer Android. Meski begitu, ada beberapa fitur baru yang menarik untuk digunakan setelah versi finalnya rilis nanti. Apa saja? Simak ulasan lengkap berikut ini.

1. Multi Window

       Ya! Menyusul Windows dan iOS, Google akhirnya menambahkan fitur Multi Window secara resmi di Android. Artinya kini kamu bisa menjalankan dua aplikasi sekaligus dengan tampilan yang terpisah, baik secara portrait maupun landscape. Fitur ini tentunya akan lebih baik digunakan di smartphone Android yang memiliki layar besar. Fitur Multi Window ini bisa dibilang diperkenalkan pertama kali oleh Microsoft melalui Windows 8. Kemudian disusul oleh Apple yang meluncur fitur Multi Window di OS X dan juga iOS 9, tapi hanya bisa digunakan di iPad.
       Samsung sebenarnya sempat memperkenalkan fitur ini. Namun tidak terlalu populer karena hanya bisa dinikmati di produk Samsung Galaxy Note dan sejumlah tablet Samsung.

2. Efisiensi baterai dan memori
       Optimalisasi pemakaian baterai sebenarnya sudah sempat diperkenalkan pada Android Marshmallow. Di Android N, Google menambahkan banyak fitur optimalisasi baterai tambahan terutama saat layar smartphone dalam keadaan mati. Ada dua mode yang bisa dipilih. Pertama adalah mode Doze. Dalam mode ini Android akan menunda proses pemakaian CPU dan jaringan oleh aplikasi saat layar smartphone mati dalam durasi waktu yang lama. Kedua adalah mode App Standby, yang mana sistem Android akan menunda pemakaian jaringan oleh aplikasi-aplikasi yang jarang digunakan oleh pengguna. Dua mode tersebut hanya akan berjalan saat smartphone tidak terhubung dengan listrik.
       Lalu untuk menghemat pemakaian memori. Google masih melanjutkan penggunaan Project Svetle, sebuah proyek yang memungkinkan penghematan memori sehingga developer bisa menjangkau lebih banyak pengguna Android—yang memori perangkatnya kecil.
  
3.      Bundle Notification



       Fitur ini memungkinkan developer untuk membuat kumpulan notifikasi dari aplikasi yang sama. Misalnya kamu menerima lima notifikasi pesan baru dari aplikasi Gmail. Di notifikasi kamu hanya akan melihat satu baris notifikasi dari Gmail yang bisa diperluas untuk melihat pesan-pesan yang lain secara sekilas.

Kesimpulan:
Dengan adanya android N ini akan semakin memudahkan user dengan adanya fitur baru yang disediakan, seperti diantaranya multi window user tidak harus keluar dari satu aplikasi jika ada notif yang masuk. Penghematan baterai dan Memori dimana sistem android akan menunda pemakaian jaringan bagi aplikasi yang jarang digunakan. Dan yang ketiga yaitu Bundle Notification yaitu pengumpulan notifikasi dari aplikasi yang sama.

0 komentar:

Posting Komentar