Kamis, 28 April 2016

smartwatch




Smartwatch

Selama ini sudah ada smartphone, telpon pintar. Kemudian smart TV, TV pintar dan sekarang Smartwatch, jam pintar. Istilah Smart yang dilekatkan pada sebuah objek elektronik umumnya berarti perangkat tersebut dapat terkoneksi dengan internet atau seperti  akses ke berita, cuaca, olahraga, saham, horoskop, email dan juga perangkat elektronik yang lain. Near-universal understanding dari smartwatch sebenarnya memanfaatkan teknologi nirkabel untuk berkomunikasi dengan smartphone anda.Smartwatch dirancang untuk jaringan dan mengintegrasikan dengan perangkat pribadi lainnya melalui Wi-Fi dan teknologi Bluetooth. Mereka tidak dirancang untuk menjadi pengganti ponsel, karena mereka dimaksudkan untuk memberikan alert untuk pesan dan panggilan tidak terjawab, tetapi tidak selalu memiliki kemampuan untuk membuat atau menerima panggilan.Istilah Smartwatch secara umum berarti sebuah jam tangan yang dapat terhubung ke internet dan juga perangkat elektronik yang lain (smartphone atau tablet) untuk mendapatkan informasi yang akurat dari perangkat tersebut. Smartwatch dapat menjalankan fungsi dasar layaknya smartphone. Dengan smartwatch kita bisa memiliki akses ke berita, cuaca, gps, email, sms dan telpon masuk dan banyak lagi.
Cara Kerja smartwatch adalah  dapat mengoptimalkan fitur-fitur yang ada, smartwatch haruslah slalu terkoneksi dengan smartphone. Sebenarnya inilah tujuan di ciptakan smartwatch ini, yaitu sebagai pasangan bagi smartphone kita. Kita tidak perlu lagi repot-repot membuka smartphone yang tersimpan di saku atau dalam tas, untuk melihat SMS, Email atau panggilan telpon masuk atau lainnya. Cukup kita akses dari jam tangan pintar kita untuk menjalankan fungsi tersebut. Intinya kita bisa akses smartphone kita dari jam tangan pintar yang kita pakai.
Umumnya smartwatch terhubung ke smartphone menggunakan koneksi bluetooth. Setelah terhubung dengan smartphone, kita dapat memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan oleh smartwatch tersebut. Seperti pemberitahuan adanya SMS, Email atau telpon. Atau aplikasi lainnya yang bisa mengontrol samrtphone lewat smartwatch. Apakah smartwatch cocok untuk semua smartphone?Jawabannya tentu tidak. Smartwatch hanya bisa bekerja dengan smartphone yang menggunakan sistem operasi yang sama. Smartwatch android hannya cocok untuk smartphone android. Smartwatch dari Apple,  iWatch misalnya hanya cocok untuk smartphone iPhoneAda juga smartwatch yang hanya bekerja dengan jenis smartphone tertentu saja walaupun menggunakan sistem operasi yang sama. Seperti smartwatch dari Samsung, Galaxy Gear yang hanya cocok untuk smartphone merek dari Samsung saja.Namun demikian ada juga smartwatch yang menggunakan sistem operasi sendiri namun cocok / kompatibel dengan smartphone android ataupun iOS. Seperti smartwatch Pebble misalnya yang dapat bekerja dengan iPhone atau smartphone android.
Microsoft awalnya mengembangkan teknologi smartwatch dan memperkenalkan Smart Personal Object Technology, atau SPOT, pada tahun 2002. Ini merupakan perangkat mandiri yang dapat menerima berita dan peringatan melalui layanan radio FM, MSN Direct Ini, bagaimanapun, adalah kegagalan besar, seperti MSN Direct yang memerlukan biaya berlangganan yang paling tidak bersedia untuk tidak menawarkan kemampuan cukup untuk menjaga konsumen senang. Sejak itu, teknologi pelopor Pebble mendefinisikan kembali gagasan smartwatch ketika memasuki pasar dan mengumpulkan kickstarter hingga $10 juta. Perusahaan lain, seperti Google dan Apple sejak saat itu mengikuti dan mengembangkan smartwatch mereka sendiri.
 Dalam rangka untuk bekerja dengan ponsel, smartwatch bekerja pada sistem operasi yang berbeda. Beberapa didesain hanya untuk sistem operasi Android, sedangkan yang lain bekerja dengan Android dan iPhone. Mereka semua menawarkan variasi macam fungsi, di mana beberapa hanya akan mengingatkan Anda bila teks baru atau email baru dan lain-lain yang masuk ke dalam smartphone anda yang akan memungkinkan anda untuk membacanya. Beberapa smartwatch menawarkan fungsi media sosial, dan beberapa menawarkan fungsi kalender. Tapi ini tergantung pada pabrik dan model.
Tren dari smartwatch ini siap untuk lepas landas dan merevolusi pasar teknologi konsumen. Menurut Canalys, lebih dari lima juta smartwatch akan dikirimkan ke seluruh dunia pada tahun 2014. Itu lompatan besar dari 330.000 yang sudah dikirim pada tahun 2012 dan diperkirakan setengah juta untuk dikirim pada 2013.Bagian dari keberhasilan yang diproyeksikan adalah karena potensi dalam industri smartwatch. Tren komputer wearable dapat berfungsi sebagai hub untuk menyambungkan perangkat pintar yang lain, seperti monitor denyut jantung dan smart glass. Ini dapat berubah menjadi sistem medis terintegrasi. GlucoWatch Biographer, misalnya, membaca kadar glukosa dan dirancang untuk membantu penderita diabetes yang membutuhkan pemantauan konstan.
Smartwatch juga dapat menggunakan bacaan biometrik untuk mengidentifikasi pengguna dan pengetatan keamanan dari perangkat mobile Anda. Bionym telah memperkenalkan sensor yang melacak detak jantung pengguna melalui sistem pengenalan biometrik dan dapat mengkomunikasikan informasi ke perangkat lain yang terhubung. Sebuah ponsel yang biasanya membutuhkan password akan otomatis dibuka ketika dibawa ke teknologi dari komputasi pergelangan tangan dari smartwatch .
Berikut beberapa vendor  yang telah berkecimpung di dunia smartwatch.
1.Apple– AppleWatch(iWatch)
Di rilis di tahun ini juga. Hadir dengan tiga jenis bahan casing: Stainless steel,  Aluminium (type sport), Lapisan Emas 18K (type edition). Juga hadir dengan dua ukuran 42mm dan 38 mm, masing-masing buat pergelangan tangan pria dan wanita. Bisa ditebak, Apple Watch hanya cocok untuk iPhone saja.




2.Pebble
Pebble merupakan perusahaaan baru yang mulai memproduksi smartwatch sejak tahun lalu. Pebble Classic diluncurkan tahun lalu dan Pebble Steel diluncurkan tahun ini. Keunikan smartwatch merek Pebble ini adalah cocok untuk smartphone android maupun smartphone berbasis iOS (iPhone).



3.LG
Beberapa smartwatch produk LG, seperti G Watch, G Watch R dan Watch Urbane. Salah satu keunikan smartwatch produk LG adalah tampilan yang mirip dengan jam tangan biasa, berkesan klasik. Produk smartwatch LG hanya cocok dengan smartphone Android.




4.SONY
Beberapa smartwatch produk Sony seperti, Sony Smartwatch, Sony Smartwatch 2 dan Sony Smartwatch 3. Produk smartwatch Sony juga hanya cocok dengan smartphone Android.



5.Samsung
Beberapa smartwatch produk Samsung, seperti Samsung Gear Fit, Samsung Gear 2, Samsung Gear Live. Perlu ditegaskan di sini bahwa, produk smartwatch Samsung hanya cocok dengan smartphone tertentu dari Samsung saja. Pastikan smartwatch Samsung yang anda beli cocok dengan jenis Smartphone Samsung yang anda miliki. Namun Samsung telah memproduksi smartwatch yang cocok untuk semua smartphone android, yaitu Samsung Gear Live.



Demikian gambaran sekilas produk smartwatch.Dan yang terpenting bagi yang berminat memiliki produk smartwatch adalah kompatibilitas / kecocokan nya dengan smartphone yang anda miliki. Karena smartwatch diciptakan untuk menjadi pasangan dari smartphone. Oleh karena itu perlu dipastikan kecocokannya dengan smartphone anda sebelum anda membelinya

Komentar:
            Smartwatch mimiliki banyak sekali manfaat bagi penggunanya terlebih lagi pada bidang kesehatan,orang yang ingin cek gula darah, jantung dll tidak perlu lagi datang ke rumah sakit untuk mengecek semuanya cukup dengan menggunakan smartatch mereka akan mengetahui semuanya.Tetapi di samping itu,smartwatch juga memiliki keterbatasan fungsi seperti harus selalu terkoneksi dengan handphone dan juga produk ini akan terhubung jika kita menggunakan sistem operasi yg sama dengan handphone yg kita gunakan,walaupun ada produk yang lain yang  dapat terkoneksi dengan berbeda sistem operasi lain tetapi penggunaannya akan kurang efektif.Dan juga,harga yang di tawarkan  tidak lah murah,sehingga tidak semua orang dapat memiliki jam tangan canggih ini.





0 komentar:

Posting Komentar