Senin, 07 Maret 2016

Kantong Plastik Berbayar

Kantong Plastik Berbayar

Pemerintah dan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRI) sepakat memberlakukan penggunaan kantong plastik berbayar seharga Rp200 per lembar untuk mengurangi limbah plastik mulai 21 Februari 2016 bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional.Nilai yang disepakati yakni minimal Rp200 per kantong plastik, itu sudah termasuk PPN.Pemberlakuan peraturan ini selain untuk mengurangi penggunaan kantong plastik pada masyarakat juga menguragi dampak pencemaran lingkungan.Seperti yang telah kita ketahui,sampah plastik sangat susah untuk terurai bisa mencapai waktu dua puluh sampai tiga puluh tahun untuk menguraikan bekas sampah plastik,karna kantong plastik itu sendiri terbuat dari bahan sintetik yang tidak biodegradable. Bayangkan saja jika sehari seorang mendapat dua sampai tiga kantong plastik di kalikan dengan jumlah penduduk indonesia,ada berapa banyak kantong yang harus di uraikan.Semakin banyak jumlah kantong plastik yang tidak di pakai semakin besar pula tingkat pencemaran lingkungan yang akan terjadi.Oleh sebab itu pemerintah memberikan peraturan kantong plastik berbayar.Indonesia sendiri berada pada urutan kedua soal pencemaran lingkungan.Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Jenna Jambeck, ahli lingkungan asal University of Georgia,Indonesia berada pada urutan kedua penyumbang terbanyak sampah plastik yang hanyut ke laut. Negara Tiongkok masih berada pada tingkat atas.

Mungkin untuk sekarang harga kantong plastik hanya 200 perak karena ini masih dalam proses sosialisasi.Setelah bulan juni para pemilik ritel bebas menentukan harga  kantong plastik.Jadi tidak menutup kemungkinan harga kantong plastik menjadi mahal. 

Kebijakan kantong plastik berbayar di berlakukan di 17 kota besar di indonesia diantaranya Jakarta, Bandung, Bekasi, Depok, Bogor, Tangerang, Solo, Semarang, Surabaya, Denpasar, Palembang, Medan, Balikpapan, Banjarmasin, Makassar, Ambon, dan Papua. Kota-kota lain barangkali akan segera menyusul setelah KLHK mengeluarkan peraturan resminya.Dinegara lain kantong plastik berbayarjuga telah di terapkan di beberapa negara seperti Hongkong,Inggris dan Amsterdam. Di Hong Kong masyarakat yang berbelanja dan menggunakan kantong plastik harus membayar 50 sen. Upaya tersebut bisa menurunkan konsumsi plastik sampai 73 persen dengan program kantong plastik berbayar.

Dibawah ini beberapa tips mengurangi pengeluaran untuk membayar kantong plastik diantaranya:
1.Selalu menyimpan tas belanja. Kamu bisa meletakkannya di dalam ransel, bagasi motor, atau dasbor mobil sehingga bisa langsung diambil ketika diperlukan. Nggak ada lagi kata kelupaan.
2.Beli tas belanja yang bisa digunakan berulang kali. Saat ini seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat tentang kelestarian lingkungan, kita bisa menemukan produk-produk tas belanjaan sebagai pengganti kantong plastik. Atau kalau kamu tidak mau beli, kamu bisa saja berkreasi membuatnya dari pakaian yang sudah kekecilan.
3.Ingatkan kasir kamu tidak butuh kantong plastik. Sudah jadi prosedur standar kasir untuk memasukkan belanjaan ke kantong plastik. Karena itu saat akan membayar, kamu harus mengingatkan kasir bahwa kamu sudah membawa tas belanjaan sendiri, dan tidak perlu lagi kantong plastik.
4.Beri penjelasan pada kasir alasan kamu membawa tas belanjaan sendiri. Masih banyak orang yang tidak mengerti kenapa kita harus menghindari memakai kantong plastik yang hanya dipakai satu kali. Kalau mereka paham alasannya, mereka biasanya akan mendukung tindakanmu tersebut. Apalagi kalau kamu sering belanja di tempat mereka.
5.Kalau lupa membawa tas belanjaan dari rumah, masukkan belanjaan ke dalam ransel, tas, atau kantong celana. Kalau cuma membeli produk yang berukuran kecil dan dalam jumlah sedikit, seperti sabun, pasta gigi, baterai, permen, atau air kemasan, bawa saja dengan tangan. Atau masukkan saja ke dalam kantong celana atau tas.








http://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20160222045619-92-112420/kebijakan-plastik-berbayar-resmi-diterapkan-di-ritel-modern/
http://www.nyoozee.com/wawasan/yang-perlu-kamu-tahu-tentang-kebijakan-kantong-plastik-berbayar/
http://economy.okezone.com/read/2016/01/08/320/1283808/17-kota-akan-terapkan-kantong-plastik-berbayar


0 komentar:

Posting Komentar